Senin, 20 Mei 2019

BERBUKA SEHAT DAN CERIA



Alhamdulillah pada bulan Ramadhan tahun ini warga kami tepatnya warga RT 13 RW 03 Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Lingkungan kami adalah salah satu Rukun Tetangga yang masyarakatnya sangat guyup dan tidak pernah ada masalah antar anggotanya. Banyak sekali kegiatan - kegiatan yang dilaksanakan di sini, diantaranya: pengajian rutin baik bapak - bapak maupun ibu - ibu, kegiatan PKK, lomba agustusan, kerja bakti lingkungan, barikan desa, dan tak kalah menariknya pada bulan Ramadhan ini warga kami melaksanakan buka puasa bersama.Ingin tahu cerita selanjutnya klik disini

Pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2019, warga kami melaksanakan buka puasa bersama. Kegiatan ini dilaksanakan di sepanjang jalan dengan memasang tikar. Para warga sangat antusias dalam pelaksanaan" BUKBER " dalam bahasa kerennya. Acara ini di ketuai oleh ibu Mariani selaku aktifis di kampung kami. Beliau mengajak para warga untuk mengumpulkan iuran seikhlasnya untuk pelaksanaan bukber ini. Alhasil uang terkumpul hampir 1 jutaan. Dari iuran ini ibu Mariani merancang untuk memasak menu " SEHAT " yaitu menu deso yang tak kalah enaknya dengan masakan - masakan modern saat ini. Menu yang dipilh adalah urap - urap maknyus ala RT 13 , hehehe....dengan lauk ayam , tahu, dan tempe.

Pagi hari para warga khususnya ibu - ibu berkumpul di rumah bu RT untuk menyiapkan makanan itu. Mereka mulai memasak pukul 09.00 pagi sampai jam 16.00, tetapi saya tidak mengikuti kegiatan di pagi hari karena saya harus hadir di Pelatiha IT yang diadakan TP2G PGRI Kabupaten Lumajang , jadi tinggal nunggu buka nya saja.

Sore hari sekita pukul 16.30 para bapak - bapak sudah berkumpul menyiapkan tempat di sepanjang jalan. Mereka memasang tikar dari ujung jalan sebelah barat sampai ujung barat. Setelah selesai, para ibu -ibu mulai menata masakannya di sepanjang jalan. Masakan itu ditata berjajar - jajar di atas daun pisang, dan ditata sepanjang jalan tersebut.Anak - anak pun juga tidak sabar menantikan beduq maghrib. Setelah pukul 17.00 para warga pun bersiap untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah.Adzan pun berkumandang, para warga bergegas melaksanakan sholat berjamaah yang diimami ole Bapak Mustakim.Setelah selesai para warga menikmati masakan yang sudah disiapkan di sepanjang jalan oleh ibu - ibu. Acara pun berjalan dengan lancar dan sangat berarti bagi warga. Dengan kegiatan ini akan semakin terjalin hubungan antar warga tanpa ada perbedaan diantara mereka.

Itulah coretanku di bulan Ramadhan tahun ini.Semoga kita termasuk orang - orang yang dipilih Allah untuk menempati surganya....Amiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar