Sabtu, 18 Mei 2019

ILMU BAROKAH DI BULAN BERKAH BERSAMA PIT 6 TP2G KAB.LUMAJANG



            Pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2019 bertepatan dengan bulan suci Ramadhan TP2G PGRI Kabupaten Lumajang mengadakan PIT 6 di SMK PGRI Lumajang yang diikuti oleh 40 peserta dengan penyaji professional yang sudah membawa nama harum kabupaten Lumajang di tingkat Provinsi.Pendaftaran dilakukan secara mandiri dan online dengan biaya seikhlasnya. Acara dibuka pukul 08.00 oleh Bapak Winadi, S.Pd.M.Pd, selaku ketua PGRI Kabupaten Lumajang dilanjutkan sambutan dari ketua TP2G Ibu Mamik Setiawati, M.Pd dan ditutup dengan do’a oleh Bapak Ali Imron, S.Pd.
            Setelah acara pembukaan para peserta berpindah tempat menuju ruang laboratorium komputer untuk mengikuti kegiatan IN 1 dan menerima materi yang pertama yaitu motivasi pembelajaran berbasis WEB yang disampaikan oleh Bapak Umar Tholib (Kang Martho). Beliau mengenalkan tentang “ Blog”. Dengan menjadi blogger kiat dapat memperoleh manfaat diantaranya :
1.    Sebagai sumber belajar, didalamnya kita bisa mengupload : materi pembelajaran, tugas siswa, hasil karya siswa, kegiatan siswa, dan soal online
2.    Sebagai wadah interaksi guru dan wali wurid secara online
3.    Membantu orang lain melalui tulisan
4.    Mendapat banyak kawan baru
5.    Membuka mata dunia tentang daerah kita
6.    Membuka pintu rizki
Dalam penulisan blog kita harus mempunyai senjata blogger yaitu : tulisan tetapi jangan copy paste, media sosial, sabar dan kerja keras. Dalam menulis blog kita harus bisa membuat blog yang sering dicari yaitu : apa itu ?, daftar terbaik, software bajakan, kesehatan / kecantikan, adult, android, komputer dan pendidikan.


           Materi selanjutnya yaitu cara membuat blogger. Salah satu contoh blogger yang dibuat oleh Bapak Subakri adalah E – Tematik. Langkah yang harus dilakukan adalah : membaca / penjelasan guru, produksi / diskusi kelompok, berbagi upload dan uji ulang / blog walking. Alhamdulillah semua peserta antusias dalam pembuatan blog, tanpa terasa waktu sudah waktunya istirahat, tetapi para peserta masih semangat untuk menyelesaikan blognya. Tepat pukul 12.00 para peserta istirahat dan melaksanakan sholat dhuhur.Sholat Dhuhur pun usai acara dilanjutkan dengan materi Tips Mengubah Blogspot menjadi com yang disampaikan oleh Bapak Enjang. Dari sini kita mengenal “ DomaiNesia.

           
             Kegiatan berakhir dengan postes pada pukul 14.00, Alhamdulillah semua peserta mengerjakan soal online dengan lancar. Tepat pukul 14.30 acara pelatihan berakhir. Alhamdulillah di bulan yang Berkah ini kita bisa mendapatkanilmu yang Barokah bersama TP2G PGRI Kabupaten Lumajang. Kegiatan dilanjutkan dengan  ON 1 pada tanggal 19 – 24 Mei 2019, dan terakhir kegiatan IN 2 tanggal 25 Mei 2019.Semoga kita semua dapat menambah ilmu demi kemajuan anak didik kita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar