Selasa, 21 Mei 2019

TARI GENDEWA YANG MEMBUDAYA DI KALANGAN PELAJAR

Tahukah kamu apa itu Tari Gendewa ?



Tari Gendewa merupakan tari tradisionalyang berpijak pada tari klasik gaya Yogyakarta yang menggambarkan tentang kegagahan putra Mataram dalam berolah Gendewa. Tarian ini merupakan ciptaan dari KRT Sunaryadi Maharsisworo, SST.M.Sn pada tahun 2018, yang ide tarian ini didapat ketika beliau mendatangi latihan jemparingan mataraman di Kemandungan Kraton Yogyakarta yang diadakan setiap hari selasa. Kehebatan para pemanah ini menginspirasi untuk dijadikan sebuah tarian.

Tarian ini sebenarnya diciptakan sebagai tarian sebagai tarian tunggal, tetapi kemudian dikembangkan menjadi sebuah tarian berpasangan atau kelompok dan penari harus memiliki stamina yang bagus, karena tarian ini lebih berbanyak pada tumpuan satu kaki. Jadi membutuhkan tenaga yang ekstra untuk si penari.

Properti yang dipakai dalam tarian ini antara lain Gendewa dan baju prajurit.Sedangkan pola lantai yang digunakan yaitu vertikal, horizontal dan melingkar.

Tarian ini sudah banyak dipelajari oleh kalangan guru, pelatih, masyarakat umum, bahkan sampai pelajar pun bisa menari tarian ini. Seorang guru biasanya belajar tari ini dari seorang pelatih yang sudah mampu dan menguasai setiap gerakan tari. Seorang pelatihpun juga belajar dari para pakar bahkan ke penciptanya, dengan tujuan agar tarian yang akan mereka latihkan ke pihak umum tidak mengalami kesalahan dan tetap terjaga keasliannya.Sebab vatal jika gerakan tari salah, selamanya pun akan salah, dan akan merubah arti gerakan yang asli.Begitu juga para masyarakat juga berlatih tarian ini, biasanya digunakan untuk acara khusus misalnya, karnaval, pertunujukan di desa, dll.

Tak kalah juga para pelajar juga sering belajar tarian ini, mereka biasanya belajar lewat pelatih bahkan lewat youtube. Pelajar sekarang sudah canggih, bahkan anak SD pun bisa langsung belajar tanpa pelatih, mereka bisa langsung belajar lewat youtube dari HP yang mereka miliki.Jadi memudahkan guru untuk memberikan tugas kepada siswanya. Guru bisa memeberikan tugas lewat HP juga karena sekarang serba online. Jadi tidak membutuhkan pelatih khusus untuk mengajarkan tarian kepada anak. Salah satu contohnya adalah siswa SDN Ditronunan 01 yang berhasil menampilakan karya tarinya lewat youtube. Mereka menampilkan Tari Gendewo Peninthang.Untuk itu mari kita lihat cuplikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar